Beranda > Uncategorized > Aksi Demonstrasi kenaikan BBM

Aksi Demonstrasi kenaikan BBM

Makassar, Aksi mahasiswa dalam menaggapai kenaikan BBM sungguh banyak pertanyaan ini menyangkut masalah masyrakat yang ada di sekitar itu aksi demonstrasi boleh saja cuman apa tidak anarkis namanya jika tman-taman di jalan dirusak batu bertebaran, sisa ban bekas yang dibakar dibiarkan saja sehingga pengguna jalan yang melintang merasa tidak nyaman. lain halnya tingkah laku mahasiswa seenaknya menutup jalan hingga mengalihkan jalan para pengguna jalan dalam mejalankan aktifitasnya. bukankah itu merugikan waktu energi mereka. apakah juga menjadi tolak ukur bahwa jika ada amnbulance yang membawa oporang sakit yang harus secepatnya di rujuk tapi karena kemacetan panjang yang terjadi.

Pada dasarnya niat mahasiswa menolak harga BBM ini apa benar untuk kepentingan rakyat atau hanya sekedar tampil dan tebar pesona dalam melakukan aksinya untung-untung jika niatnya dikabulkan pemerintah kalau tidak ???? Korban waktu dan tenaga apalagi soal akademisinya di tinggalkan. Iyah sih diyakini mahasiswa adalah insan intelektual boleh demo adaq aturannya teratur dan terkontrol tapi pada kenyataanya yang kita lihat bahkan hanya merusak fasilitas yang ada, bukankah fasilitas itu milik rakyat juga.

Tapi dengan segala tindakan yang ada pada mahasiswa itu adalah untuk rakyat karena ada kesalahan awal yang salah di negeri ini hingga terjadi jalan untuk melakukan orasi dijalan ketika suara mereka tak didengar oleh pemerintah sebuah dinamika ada sisi positif dan negatif yang ada tergantung dari pihak mana yang menaggapi aksi yang marak pada minggu-minggu ini karena persdoalan kenaikan harga BBM.

Data APBN 2012 dalam hal penerimaan minyak dan gas, jumlahnya sangat besar. Jika ditotal mencapai Rp 231,9 triliun. Rinciannya, pendapatan minyak bumi 2012 sebesar 113,68 triliun, PPh Migas Rp 60,9 triliun, gas alam Rp 45,79 triliun, minyak mentah Rp 10,72 triliun.”Jadi, jika harga minyak naik maka pemasukan dalam sektor migas Indonesia juga akan naik. Gambarannya, dalam RAPBN-P 2012 pemasukan dari migas itu mencapai Rp 270 triliun. Artinya ada kenaikan pemasukan migas sekitar Rp 40 triliun, subsidi itu kan hanya sekitar Rp 46 T.

Seharusnya kekurangan sebesar itu bisa dengan mudah ditutup. Misalnya dari anggaran kunjungan di APBN 2012 yang nilainya sekitar 21 triliun. Sementara, anggaran tersebut selama ini lebih kental hanya untuk plesiran yang tidak efektif. Anggaran “plesiran” itu bisa dengan mudah dipangkas untuk menutupi kekurangan subsidi tersebut. kenaikan harga BBM merupakan bagian dari agenda liberalisasi migas yang bertentangan dengan syariat Islam. “Minyak bumi dan gas serta kekayaan alam yang melimpah lainnya dalam pandangan Islam merupakan barang milik umum (al milkiyyah al-ammah) yang pengelolaannya harus diserahkan kepada negara dan seluruh hasilnya dikembalikan kepada publik,”

Kita sebagai warga masyrakat kecil hanya bisa berdoa agar kiranya jalan terbuka lebar benar-benar untuk kesejahteraan rakyat indonesia bukan hanya mensejahterakan pada tarap golongan orang-orang tertentu.

 

Iklan
Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: