Beginilah Cara Search Engine Membaca Blog Anda

Beginilah Cara Search Engine Membaca/Mengindeks Blog Anda – Pernah sobat membayangkan bagaimana cara search engine seperti Google, Yahoo, MSN, Bing, Alexa, Ask, AOL atau lainnya membaca atau mengindeks blog anda ? Jawabannya simple saja: sama seperti layaknya kita membaca sebuah buku atau novel. Para robots spider yang ditugaskan oleh search engine biasanya melakukan crawling (penelusuran) sebuah halaman situs web atau blog mulai dari sebelah kiri atas sampai dengan bagian kanan bawah dari halaman web atau blog. Dan robots search engine ini diprogram HANYA untuk membaca (mengindeks) informasi berupa rangkaian teks maupun hyperlink (tautan) yang ada di halaman web/blog kita. Berarti semua pernak-pernik gambar-gambar indah yang kita pasang di blog atau efek animasi flash TIDAK AKAN DIBACA oleh search engine. Rata-rata blognya para master SEO yang pernah saya kunjungi mempunyai ciri khas yang sama yaitu MINIMALIS. Ups..jangan salah sangka dulu, bukannya mereka kuper tidak mengerti bagaimana cara “menghiasi” blog mereka. Tetapi alasan utamanya adalah karena mereka sangat memperhatikan kaidah-kaidah SEO (Search Engine Optimization). Para master seo lebih mengutamakan speed blognya yang cepat dan meminimalisir penggunaan javascript dan efek animasi yang berlebihan karena hanya akan memberatkan loading speed pada blog.

Bagi mereka yang sudah sangat memahami SEO tidak akan sembarangan menempatkan gambar pada bagian header, karena gambar pada header tidak akan dibaca oleh search engine. Artinya kalau sobat memasang gambar pada header maka title blog sobat tidak terbaca oleh search engine. Saya pernah juga menyarankan seorang sahabat agar segera mengganti template blognya. Sebabnya karena template yang dipakai sahabat saya tadi menggunakan sidebar kiri dan halaman posting disebelah kanan. Kalau kita kembalikan lagi ke prinsip cara kerja robots searh engine membaca blog yaitu dari kiri atas sampai kanan bawah, berarti bagian sidebar kiri tadi akan di indeks lebih dulu oleh search engine baru menyusul halaman posting. Bagaimana kalau seandainya halaman artikel yang sudah dibuat dengan susah payah tadi tidak terindeks oleh Google ? Percaya atau tidak saya sudah pernah membuktikan hal ini dan artikel saya baru terindeks oleh search engine setelah 1 bulan !.

Dibawah ini ada 2 alamat situs dimana sobat bisa mengetahui bagaimana spider robots search engine membaca blog anda. Benarkah teori search engine membaca blog dari kiri atas sampai kanan bawah seperti yang sudah saya sampaikan diatas ? Dan saya sarankan sobat juga mencari pembanding blog lain yang menggunakan sidebar di sebelah kiri untuk membuktikan teori saya bahwa sebaiknya kita memilih template dengan posisi halaman posting berada disebelah kiri, supaya artikel lebih cepat diindeks oleh search engine.
· Search Engine Spider Imitator
· Search Engine Spider Simulator

Sekian dulu tips SEO yang mungkin agak membosankan ini. Maklum sudah lama tidak menulis artikel tentang SEO jadi sebagai pengobat rindu akhirnya muncul ide untuk menuliskan cara search engine membaca membaca/mengindeks blog ini. Semoga ada manfaat yang bisa sobat dapatkan setelah membaca artikel ini. Keep Blogging !

Sumber : http://www.rayhanzhampiet.com

Iklan