Beranda > Berita > BHP Tingkatkan Investasi US$845 Juta di Australia

BHP Tingkatkan Investasi US$845 Juta di Australia

NILAH.COM, Sydney – Perusahaan tambang kelas dunia, BHP BIlliton menyetujui untuk menambah investasi US$845 juta eksplorasi batu bara di Illawarwa Australia Selatan.

Keputusan ini diambil pada Jumat (22/6/2012) yang dinilai cukup mengejutkan industri pertambangan dunia. Di wilayah tersebut memiliki kapasitas produksi hingga 3,5 juta ton batu bara per tahun. Kawasan itu baru akan berproduksi mulai tahun 2016.

Kalau ini terwujud maka dapat menggantikan produksi di kawasan West Cliff. Otomatis ini akan mempertahankan total produksi di Illawarra, Sydney Utara mencapai 9 juta ton per tahun.

Keputusan tersebut juga direspon negatif dari para pemegang saham karena memiliki kekhawatiran terhadap perlambatan pertumbuhan ekonomi global, harga komoditas yang turun dan peningkatan biaya. Jadi dinilai kurang tepat mengeluarkan modal untuk proyek tersebut.

Seorang analis menilai meski dana yang digelontorkan masih kecil dibanding mega proyek lain, tetapi berpotensi menunda beberapa proyek lain. Beberapa diantaranya adalah proyek penambangan bijih besi di Outer Harbor, eksplorasi tembaga dan Olimpic Dam untuk ekspansi tambang uranium.

“Total dana itu tidak masalah, tetapi masalahnya membutuhkan dua atau tiga tahun lagi, responnya menjadi berbeda. Perseroan harus mengeluarkan US$2 sampai US$3 miliar lebih setahun untuk membiayai beberapa ekspansinya,” kata analis BS Glyn Lowock. Demikian mengutip cnbc.com.

Pada bulan lalu, BHP telah mengindikasikan tidak akan menyetujui proyek baru yang menghabiskan hingga US$800 miliar untuk pipa selama 12 sampai 18 bulan ke depan. Sebab tren ke depan diwarnai penurunan harga jual dan peningkatan biaya operasional.

 

 

 

Iklan
Kategori:Berita
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: