Beranda > Tokoh > Gubernur Imbau Pengelola PT Hadirkan Empati Melalui Pendidikan Karakter

Gubernur Imbau Pengelola PT Hadirkan Empati Melalui Pendidikan Karakter

Makassar, –Gubernur Sulsel Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MSi MH, mengimbau agar semua pengelola perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, menumbuhkan empati mahasiswa melalui pendidikan karakter. Hal itu dikatakan Syahrul dalam sambutannya, usai membuka Seminar Pendidikan Dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2012, yang digelar di Ball Room Gedung Graha Pena, Makassar, Senin (30/4).

“Jangan sampai generasi muda kita terdidik tapi egois dan kehilangan empati. Karenanya, pendidikan karakter menjadi penting,” kata Syahrul.

Jika seseorang hanya dibekali ilmu tanpa pendidikan karakter, lanjut Syahrul, ke depannya mereka akan menjadi generasi yang korup. Bahkan, mereka akan menjadi kepribadian yang mudah berubah-ubah ketika dipengaruhi transaksional politik.

“Pendidikan karakter menjadi penting, khususnya dalam membangun nilai-nilai kearifan lokal. Memiliki agama yang bagus, hati yang kuat, karakter yang baik, dan juga kecerdasan serta komitmen,” ujarnya.

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) itu, mengungkapkan, dari segi perencanaan, pihaknya berharap memposisikan Sulsel sebagai Center Point of Indonesia (CPI) dan pilar utama pembangunan nasional.

“Kita berharap, Sulsel menjadi hub utama pendidikan di Kawasan Timur Indonesia. Inilah yang menjadi visi kita ke depan. Kita harus cerdas memainkan peran, kalau tidak, kita tidak akan dapat apa-apa,” terangnya.

Syahrul menambahkan, dengan pendidikan karakter, Sulsel bisa menjadi contoh nasional. Termasuk dalam pelaksanaan pilkada dan berdemokrasi.

“Kita harus menjadi contoh dengan karakter kita yang tinggi. Inilah yang harus kita dorong dengan menghadirkan empati melalui pendidikan karakter,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Nitro, Dr Agus Arman MSi, mengatakan, pendidikan karakter menjadi sesuatu yang penting dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas. Apalagi, jika mampu terintegrasi dengan nilai-nilai kearifan lokal.

“Harapan kita adalah terintegrasinya pendidikan karakter dengan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Dr Agus juga berterima kasih atau program beasiswa doktoral dari Pemprov Sulsel yang banyak dimanfaatkan perguruan tinggi untuk peningkatan kualitas pendidikan di Sulsel.

“Kami sangat berterima kasih atas beasiswa doktoral yang diprogramkan Pemprov Sulsel untuk peningkatan kualitas pendidikan di daerah ini,” imbuhnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Komisaris Utama Fajar Group HM Alwi Hamu, Ketua Dewan Pendidikan Sulsel Prof Dr Halide, dan pimpinan perguruan tinggi swasta se Sulsel. (Dewi)

Sumber: http://cakrawalaberita.com/provinsi/gubernur-imbau-pengelola-pt-hadirkan-empati-melalui-pendidikan-karakter

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: