Beranda > Pertanian > PENGKAYAAN MATERI BAHAN AJAR ONLINE, RESTRUKTURISASI DAN REINSTALASI BLOG DASAR-DASAR ILMU TANAH DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN SECARA ONLINE KEPADA MASYARAKAT PENGGUNA ONLINE (NETTER)

PENGKAYAAN MATERI BAHAN AJAR ONLINE, RESTRUKTURISASI DAN REINSTALASI BLOG DASAR-DASAR ILMU TANAH DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN SECARA ONLINE KEPADA MASYARAKAT PENGGUNA ONLINE (NETTER)

LATAR BELAKANG
Blog bahan ajar online “Dasar-Dasar Ilmu Tanah” pada Fakultas Pertanian Unsri dibangun dalam upaya memudahkan para mahasiswa dalam: (1) memperoleh materi bahan ajar mata kuliah “Dasar-Dasar Ilmu Tanah” dalam bentuk elektronik dan (2) menperoleh media belajar online yang sesuai dengan materi yang mereka pelajari. Selain itu, blog bahan ajar online ini juga dapat membantu masyarakat pengguna online lainnya yang berminat dibidang pertanian pada umumnya dan ilmu tanah khususnya untuk dapat belajar secara online.
Blog bahan ajar ini telah tertayang secara online sejak tahun 2007. Era globalisasi dicirikan dengan perubahan yang terjadi pada semua sendi kehidupan bergulir dengan cepat. Perubahan yang cepat tersebut mendesak semua lini kehidupan perlu berubah seiring dengan percepatan roda perubahan tersebut. Begitu juga dengan blog bahan ajar ini sangat memerlukan perubahan untuk mengiringi percepatan perubahan itu sendiri. Perubahan yang dibutuhkan dari blog bahan ajar ini antara lain terkair erat dengan pengkayaan materi dan perubahan tampilan. Kegiatan pengabdian ini berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna blog bahan ajar online ini dengan cara pengkayaan materi blog dan perubahan tampilan dengan cara reinstalasi blog.

TUJUAN:
1. Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada para pengguna online dengan cara pengkayaan materi bahan ajar yang terkandung dalam blog bahan ajar online.
2. Untuk lebih meningkatkan minat belajar online bagi masyarakat pengguna (mahasiswa, siswa SMA dan masyarakat petani) secara online dengan cara rekonstruksi blog dengan design tampilan template yang menarik dan elegan.
3. Untuk lebih memudahkan pelayanan kepada masyarakat pengguna dengan cara reinstalasi dari materi pengkayaan dan template yang menarik dengan reinstalasi blog tersebut.

PELAKSANAAN KEGIATAN:
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan kepada masyarakat pengguna blog bahan ajar online “Dasar-Dasar Ilmu Tanah” Fakultas Pertanian Unsri baik yang berdomisili di Indonesia maupun manca Negara. Kegiatan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu: (1) tahapan offline untuk mempersiapkan materi yang akan memperkaya kandungan materi dari blog bahan ajar online, dan (2) Tahapan online untuk mempublikasi materi pengkayaan bahan ajar secara online dan merubah design tampilan blog dengan template yang lebih menarik dan elegan.

WAKTU KEGIATAN:
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan secara offline dan online pada minggu IV bulan Desember 2011.

PELAKSANA KEGIATAN:
Pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara mandiri oleh: Dr. Ir. Abdul Madjid, MS.

BIAYA KEGIATAN:
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara mandiri oleh: Dr. Ir. Abdul Madjid, MS., sehingga biaya kegiatan bersumber dari biaya mandiri dari pelaksana kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Tri Dharma perguruan tinggi, yang terdiri dari: (1) Pendidikan dan Pengajaran, (2) Penelitian, dan (3) Pengabdian Kepada Masyarakat.
(Note: Para Donator yang berminat berpartisipasi dalam bidang pendidikan dan berkeinginan untuk menyumbang dapat menghubungi BNI No. 0149494896).

LAPORAN KEGIATAN:
Laporan kegiatan akan disajikan dalam bentuk makalah hasil kegiatan yang akan dipublikasi secara online pada blog bahan ajar online “Dasar-Dasar Ilmu Tanah”.

Sumber: http://dasar2ilmutanah.blogspot.com/

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: