Beranda > Pertanian > Mentan: Jagung untuk Pangan, Pakan dan Energi Alternatif

Mentan: Jagung untuk Pangan, Pakan dan Energi Alternatif

Pembaca, Petani Indonesia dimana pun Anda berada. Jagungtermasuk tanaman pangan dunia yang penting. Posisinya bersaing dengan Gandumdan Beras. Jagung bernilai ekonomis tinggi karena selain sebagai sumber pangan,jagung juga sumber pakan dan energipotensial. Perlu diketahui bersama, manfaat jagung untuk subtitusi bahan pangansangat banyak perannya. Beberapa produk bahan makanan dari jagung sudah biasaditemui di Jawa Tengah yaitu nasi jagung dan marning. Pada perkembangannyajagung dapat dibuat menjadi kerupuk jagung, aneka kue kering, tortilla, grits dan sebagainya. Bahkan denganpenggunaan teknologi tinggi jagung juga dapat dibuat susu yang memilikikandungan kolesterol dan lemak rendah.

Selain buahnya yang menjadi makanan pokok di berbagai daerahdan sumber pangan alternatif di Indonesia, hasil ikutan jagung pun bernilaiekonomis tinggi. Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagaipakan ternak hijauan maupun tongkolnya. Limbah jagung yang meliputi jerami dantongkol, penggunaannya semakin popular untuk makanan ternak, artinya memilikipotensi untuk pengembangan produk masa depan. Seperti batang dan daun jagungyang dikenal sebagai jerami jagung yang dimanfaatkan sebagai hijauan pakanternak. Jerami juga dapat diolah dalam bentuk hay dan silase. Sisa buah tongkol jagung pun dapat diolah kembalimenjadi bahan bakar. Diambil minyaknya dari bulir, dibuat tepung yang dikenalistilah tepung jagung atau maizena, dan bahan baku industry dari tepung bulirdan tepung tongkolnya.

Sebagaimana diketahui, jagung salah satu produk pertanianyang banyak dihasilkan di negara kita. Dari tahun ke tahun produksi jagungnasional terus meningkat. Pemanfaatannya pun sangat beraneka ragam mulai daribahan pangan hingga bioenergi. Buah jagung terdiri dari 30 % limbah yang berupatongkol jagung. Jumlah limbah yang semakin meningkat akan menjadi sangatpotensial jika dapat dimanfaatkan secara tepat. Limbah batang dan daun jagungkering berpotensi energi sangat besar dan akan terus meningkat. Oleh karena itupemanfaatan limbah jagung sangat diperlukan untuk mendapatkan keuntunganoptimal.

Bentuk energi yang dapat terbentuk dari jagung inibermacam-macam baik bahan bakar bentuk padat, bahan padat untuk proses pirolisadan gasifikasi, ethanol dan 2,3 butanadiol dan biodiesel. Penggunaan bioetanolsebagai bahan baku industri, minuman, farmasi, kosmetika dan bahan bakar. Keuntunganpenggunaannya sebagai bahan alternative pengganti minyak bumi adalah tidakmemberikan tambahan netto karbondioksida pada lingkungan selain itu bernilaioktan tinggi yang berrati proses pembakaran menjadi lebih sempurna dan emisigas buang hasil pembakaran dalam mesin kendaraan bermotor lebih baik. Komoditasjagung memang sangat potensial sebagai penghasil biodiesel hanya saja banyaknyakomoditas jagung dan harga minyak jagung cukup mahal sehingga pengembangannyauntuk biodiesel tidak dapat diperlakukan sebagai sumber utama bahan bakar.

Pembaca, KementerianPertanian RI bekerjasama dengan Provinsi Gorontalo berencana melaksanakanKonferensi Jagung Internasional (International Maize Conference) atauIMC di Provinsi Gorontalo-Sulawesi pada tanggal 22 sampai dengan 24 November2012. Tema IMC adalah “Maize for Food, Feed and Fuel”. Perhelatan internasionalakbar ini berupa seminar, temu bisnis dan investasi, pameran nasional dan gelarteknologi. Para pejabat tingkat nasional dan provinsi pun direncanakan turuthadir. Dalam skala nasional, IMC diharapkan dapat mendorong peningkatan produksijagung dalam rangka penyediaan pangan, pakan dan bahan bakar atau sumber energialternatif dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan pembangunanpertanian berkelanjutan. Bagi dunia internasional, IMC bias menfasilitasi para stakeholders jagung dunia dalammenyikapi maslah dan isu global pengembangan jagung, terutama terkait denganketahanan pangan dan sumber energi alternatif.

Kami mengharapkan konferensi internasional ini bermanfaatdalam meningkatkan difusi dan adopsi teknologi pengembangan jagung dalam upayameningkatkan produksi dan pendapatan usahatani jagung. Hadirnya inovasi danteknologi baru akan menggairahkan dan memotivasi minat petani untuk menanam jagungdalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Kerjasama investasi pengembangan jagung pun diharapkanmeningkat seiring terwujudnya Sulawesi sebagai lumbung jagung nasional atau Celebes Corn Islands.

Sumber : http://www.deptan.go.id

Iklan
  1. 10 Februari 2013 pukul 8:43 am

    A short description of the most widespread stretch mark therapies.

  2. 22 Februari 2013 pukul 11:35 am

    Thank you for visiting pal.

  3. #
    20 Juli 2013 pukul 6:24 pm

    What leading door brands offer ultimately is a standard by which you can choose
    to have a clean shower or tub. The doors are frozen, submerged
    in water, subjected to searing heat and pass with flying colors.
    Some tips about door and knob hardware may be the price tag
    in the door handles will ease the choice and imply that you are
    buying the right size.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: