Beranda > Tesis > ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN Ny.”J” DENGAN GANGGUAN SISTEM PERSARAFAN ”CEDERA MEDULLA SPINALIS” DI RUANG PERAWATAN LONTARA

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN Ny.”J” DENGAN GANGGUAN SISTEM PERSARAFAN ”CEDERA MEDULLA SPINALIS” DI RUANG PERAWATAN LONTARA

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN Ny.”J” DENGAN GANGGUAN SISTEM PERSARAFAN ”CEDERA MEDULLA
SPINALIS” DI RUANG PERAWATAN LONTARA
II BAWAH BEDAH ORTHOPEDI RS.Dr.
WAHIDIN SUDIROHUSODO
MAKASSAR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Perawatan kesehatan keluarga adalah tingkat perawatan kesehatan masyarakat yang ditujukan atau dipusatkan pada keluarga sebagai unit atau kesatuan yang dirawat, dengan sehat sebagai tujuan melalui perawatan sebagai sarana/penyalur yang dilakukan oleh seorang perawat profesional dengan proses keperawatan yang berpedoman pada standar praktik keperawatan (Jhonson L, 2010).
Diabetes Mellitus di artikan pula sebagai penyakit metabolisme yang termasuk dalam kelompok gula darah yang melebihi batas normal atau hiperglikemia (lebih dari 120 mg/dl). Oleh karena itu penyakit diabetes mellitus sering juga dikatakan sebagai penyakit gula darah (Mirza Maulana, 2008).
Menurut Mentri Kesehatan, secara global WHO jumlah penderita DM di dunia dari tahun 1994 ada 110,4 juta jiwa, tahun 2000 ada 150 juta jiwa, tahun 2010 ada 279,3 juta jiwa dan tahun 2025 diperkirakan akan mencapai 300 juta jiwa. Di Amerika Serikat jumlah penderita diabetes mellitus pada tahun 1995 mencapai 13,9 juta orang (Andaners, 2010).
Jumlah penderita DM di Indonesia diperkirakan akan meningkat, Di Indonesia atas dasar prevalensi kurang lebih 1,5 % dapatlah diperkirakan jumlah penderita DM pada tahun 1995 adalah 4,5 juta jiwa, 1998 = 3,5 juta jiwa, tahun 2010 = 5 juta jiwa dan 2025 piperkirakan akan mencapai 12,4 juta jiwa (Andaners, 2010). Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan di Sulawesi Selatan jumlah pederita diabetes mellitus mencapai 16.739 kasus (Dinkes Sul – Sel, 2008). Data yang ditemukan di Puskesmas Maccini Sawah Makassar jumlah penduduk yang mengalami DM pada tahun 2010 adalah 296 jiwa, sedangkan pada tahun 2011 (hingga juni) adalah 131 jiwa (Puskesmas Maccini Sawah, 2011).
Melihat tingginya angka kejadian penyakit Diabetes Mellitus dalam beberapa tahun terakhir ini di negara berkembang dan berdasarkan hasil penentuan kasus dalam ujian Praktek, maka penulis merasa tertarik untuk memilih judul dan menyusun karya Tulis Ilmiah” Asuhan Keperawatan Keluarga Tn.”J” Dengan Anggota Keluarga Ny.“ A “ Mengalami Gangguan Sistem Endokrin “Diabetes Mellitus” Di Wilayah Kerja PUSKESMAS MACCINI SAWAH”, dengan harapan penulis dapat mengetahui lebih dalam tentang asuhan keperawatan pada klien dengan gangguan sistem endokrin Diabetes Melitus setelah menerapkan proses keperawatan.
B. Tujuan penulisan

Selengkapnya klik di sini

Kode : KTI 1

Iklan
Kategori:Tesis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: