Beranda > Tesis > ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN Tn.”S” DENGAN GANGGUAN SISTEM ONKOLOGI POST OP “TUMOR COLLI” DI RUANG PERAWATAN LONTARA II ATAS BEDAH TUMOR RS. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN Tn.”S” DENGAN GANGGUAN SISTEM ONKOLOGI POST OP “TUMOR COLLI” DI RUANG PERAWATAN LONTARA II ATAS BEDAH TUMOR RS. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN Tn.”S” DENGAN GANGGUAN SISTEM ONKOLOGI POST OP “TUMOR COLLI” DI RUANG PERAWATAN LONTARA II
ATAS BEDAH TUMOR RS. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 melalui pembangunan nasional yang berkesinambungan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pembangunan kesehatan diarahkan untuk mempertinggi derajat kesehatan yang besar artinya bagi pengembangan dan pembinaan sumber daya manusia Indonesia. (Anonim, 2011)

Pengaruh globalisasi di segala bidang, perkembangan teknologi dan industri telah banyak membawa perubahan pada perilaku dan gaya hidup masyarakat serta situasi lingkungannya, misalnya perubahan pola konsumsi makan, berkurangnya aktivitas fisik dan meningkatnya pencemaran atau polusi lingkungan. Perubahan tersebut tanpa disadari telah memberi kontribusi terhadap terjadinya transisi epidemiologi dengan semakin meningkatnya kasus-kasus penyakit tidak menular seperti; jantung, kanker, diabetes, hipertensi, gagal ginjal dan sebagainya. Demikian juga dengan pola penyakit penyebab kematian menunjukkan adanya transisi epidemiologi, yaitu bergesernya penyebab kematian utama dari penyakit infeksi ke penyakit non infeksi (degeneratif). (Anonim, 2011)

Salah satu penyakit non-infeksi (degeneratif) adalah tumor. Pada tahun 2000, tumor ganas yang bertanggung jawab untuk 12 persen dari hampir 56 juta kematian di seluruh dunia dari semua penyebab. Di banyak negara, lebih dari seperempat kematian yang disebabkan hal tersebut. Pada tahun 2000, 5,3 juta orang dan 4,7 juta perempuan mengembangkan tumor ganas dan 6,2 juta meninggal akibat penyakit ini. Laporan ini juga mengungkapkan masalah ini telah muncul sebagai masalah kesehatan masyarakat yang utama di negara-negara berkembang dan efek di negara-negara industri. (WHO, 2003)

Tumor ganas adalah salah satu dari tiga penyebab utama kematian dalam masyarakat modern, dan itu masalah kesehatan yang sangat serius untuk negara-negara di seluruh dunia. Dalam waktu yang sangat lama bagi manusia menderita tumor, dan tumor telah menewaskan jutaan orang. Menurut statistik tahunan: jumlah neopathy tumor lebih dari 10 juta (2,6 juta di Cina), dan lebih dari 7 juta (1,7 juta di Cina) orang dibunuh oleh tumor di dunia, apa lagi, jumlah ini masih meningkat. Tahun-tahun ini, ilmuwan medis dan ahli biologi mencoba yang terbaik untuk menemukan terapi terbaik untuk mengobati tumor, dan mereka membuat kemajuan tertentu, tapi sayangnya, meningkatnya jumlah neopathy tumor belum dikendalikan. (Zhongliu, 2009)

Menurut data Riskesdas tahun 2008, prevalensi tumor atau kanker di Indonesia adalah 4,3 per 1.000 penduduk. Data Departemen Kesehatan menyebutkan kanker menduduki peringkat ketujuh sebagai penyebab kematian di Indonesia dengan persentase 5,7 persen.
(Antonim, 2011)

Dari semua bagian tubuh yang menjadi pertumbuhan tumor salah satunya yaitu pada leher yang dikenal dengan tumor colli atau benjolan pada leher yaitu setiap massa baik kongenital maupun didapat yang timbul di segitiga anterior atau posterior leher diantara klavikula pada bagian inferior dan mandibula serta dasar tengkorak pada bagian superior. Pada 50% kasus benjolan pada leher berasal dari tiroid, 40% benjolan pada leher disebabkan oleh keganasan, 10% berasal dari peradangan atau kelainan kongenital. (Mega Prawithasari Lubis, 2010)

Selengkapnya kli disini

Kode KTI V
Iklan
Kategori:Tesis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: