ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny ”R” DENGAN MASALAH UTAMA PERSEPSI SENSORI : HALUSINASI PENDENGARAN DI RUANG KENANGA RSKD DADI MAKASSAR SULAWESI SELATAN

ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny ”R” DENGAN MASALAH
UTAMA PERSEPSI SENSORI : HALUSINASI PENDENGARAN
DI RUANG KENANGA RSKD DADI MAKASSAR
SULAWESI SELATAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Perawatan jiwa adalah pelayanan sosial yang diberikan oleh perawat terhadap individu, keluarga, dan kelompok yang mempunyai masalah kesehatan, pelayanan yang diberikan adalah upaya mencapai derajat kesehatan seoptimal mungkin sesuai dengan potensi yang dimiliki dalam menjalankan kegiatan di bidang promotif dengan menggunakan proses keperawatan yang dilaksanakan oleh tenaga keperawatan bekerja sama dengan petugas kesehatan lain dalam mencapai derajat kesehatan yang optimal. (Erlinafsiah, 2010).
Gangguan jiwa adalah sindroma atau pola perilaku yang secara klinis bermakna yang berhubungan dengan distress atau penderitaan dan menimbulkan hendaya pada satu atau lebih fungsi kehidupan manusia. (Keliat,2011).
Keperawatan jiwa adalah proses dimana perawat membantu individu atau kelompok dalam mengembangkan konsep diri yang positif, meningkatkan pola hubungan antar pribadi yang lebih harmonis serta agar berperan lebih produktif di masyarakat. ( cecelia , 2009).
Proses keperawatan di rumah sakit jiwa memiliki masalah yang sama, dengan rumah sakit umum. Hasil evaluasi terhadap dokumentasi keperawatan pada dua rumah sakit jiwa yang besar, ditemukan kurang dari 40 % yang memenuhi kriteria. Kemampuan dalam melaksanakan proses keperawatan.

Selengkapnya klik disini

Kode KTI VI

Iklan

#asuhan-keperawatan, #keperawatan-jiwa, #proses-keperawatan, #rumah-sakit-jiwa