Beranda > Tesis > ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN BY. “A” DENGAN LEUKEMIA DI RUANG PERAWATAN ANAK LONTARA IV ATAS PERJAN RS. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN BY. “A” DENGAN LEUKEMIA DI RUANG PERAWATAN ANAK LONTARA IV ATAS PERJAN RS. DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Gambaran masyarakat Indonesia di masa depan berdasarkan visi pembangunan kesehatan dalam Indonesia sehat 2010 adalah mewujudkan masyarakat, bangsa dan negara yang ditandai oleh penduduknya hidup dalam lingkungan dan dengan perilaku hidup sehat, memiliki kemampuan untuk menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, serta memiliki target kesehatan yang setinggi-tingginya di seluruh wilayah Republik Indonesia. (Depkes, 1999)
Untuk dapat mewujudkan visi Indonesia sehat 2010, ditetapkan empat misi pembangunan kesehatan meliputi menyelenggarakan pembangunan berwawasan kesehatan, mendorong kemandirian masyarakat untuk hidup sehat, memelihara dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau serta memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga dan masyarakat beserta lingkungannya (Depkes, 1999).
Salah satu masalah kesehatan yang sering diderita oleh individu adalah gangguan sistem hematologi khususnya leukemia. Beberapa faktor yang ikut mempengaruhi terjadinya leukemia yaitu faktor sosial budaya, ekonomi, lingkungan fisik, dan biologis. Leukemia disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor exogen seperti: sinar radiasi, bahan kimia (bensol, arsen, preparat sulfat) dan faktor endogen seperti : ras, kelainan kromoson, dan hereditor dan terjadi pada golongan umur di bawah 15 tahun dengan puncaknya antara usia 2 dan 6 tahun karena defisiensi sistem imun. Penyakit ini perlu mendapat perhatian karena diturunkan dari kedua orang tua (carrier). Dan tingkat kematian sangat tinggi karena biaya yang tidak terjangkau oleh masyarakat negara berkembang khususnya Indonesia.
Insiden penyakit leukemia di Indonesia pada tahun 2004 menduduki peringkat tertinggi kanker pada anak. Namun, penanganan pada kanker darah pada anak di Indonesia masih lambat, itulah sebabnya lebih dari 60 % anak penderita kanker darah yang ditangani secara medis sudah memasuki stadium lanjut. Kanker darah atau leukemia banyak dijumpai pada anak-anak sekitar 25 – 30 % anak terkena leukemia dari total seluruh kanker anak. Angka tertinggi yang dilaporkan antara usia 3 – 6 tahun anak lelaki lebih banyak terkena leukemia dibandingkan perempuan. Kendati kanker pada anak cukup jarang, namun hingga kini penyebab kanker sendiri belum diketahui dengan pasti, namun penyakit ini bisa dilihat dari faktor resiko, seperti genetika atau keturunan dan lingkungan antara lain : infeksi virus, bahan kimia atau obat, radiasi, makanan dan sebagainya.
Keperawatan kanker adalah suatu area praktik yang mencakup semua kelompok usia dan spesialisasi keperawatan serta dilakukan dalam beragam tatanan perawatan pelayanan kesehatan, meliputi rumah, komunitas, institusi perawatan akut dan pusat-pusat rehabilitasi. Bidang atau spesialisasi keperawatan kanker, atau keperawatan onkologi, memiliki perkembangan yang sejajar dengan onkologi medis dan kemajuan terapeutik utama yang telah terjadi dalam perawatan individu dengan kanker (Smeltzer, Suzanne C, 2001).
Menurut data bagian Medical Record Perjan RS. DR. Wahidin Sudirohusodo Makassar pada tahun 2003 (Januari – Desember) tercatat jumlah penderita leukemia sebanyak 88 orang dan pada tahun 2004 dari Januari sampai Nopember, jumlah penderita leukemia sebanyak 91 orang yang terdiri dari 79 orang laki-laki (86,81 %) sedangkan pasien perempuan sebanyak 12 13,18 %). Ini menunjukkan bahwa penderita leukemia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.
Berdasarkan hal tersebut di atas dan hasil penentuan kasus, maka penulis menyusun karya tulis dengan judul “Asuhan keperawatan pada klien By. “A” dengan Leukemia di Ruang Perawatan anak RS. Perjan RS. DR. Wahidin Sudirohusodo Makassar”.

Selengkapnya klik disini

Kode KTI XIII

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: