Beranda > Tesis > ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN TN. “R” DENGAN TRAUMA TUMPUL ABDOMEN DI RUANG PERAWATAN LONTARA II BEDAH DIGESTIVE RS DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN TN. “R” DENGAN TRAUMA TUMPUL ABDOMEN DI RUANG PERAWATAN LONTARA II BEDAH DIGESTIVE RS DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang
Kecelakaan atau trauma yang terjadi pada abdomen, umumnya banyak diakibatkan oleh trauma tumpul. Pada kecelakaan kendaraan bermotor, kecepatan, deselerasi yang tidak terkontrol merupakan kekuatan yang menyebabkan trauma ketika tubuh klien terpukul setir mobil atau benda tumpul lainnya

Trauma pada penduduk sipil masih tetap merupakan penyebab kematian pada seluruh kelompok umur. Terutama pada kelompok umur dibawah umur 45 tahun. Lebih dari seperdua pasien-pasien trauma merupakan akibat kecelakaan lalu lintas, selebihnya akibat terjatuh, luka tembak dan luka tusuk, keracunan, luka bakar, dan tenggelam. Trauma abdomen dan pelvis merupakan penyebab terbanyak kehilangan nyawa yang bersifat tragis, trauma abdomen yang tidak diketahui (luput) masih tetap menjadi momok sebagai penyebab kematian yang seharusnya bisa dicegah (preventable death). Trauma adalah penyebab kematian utama pada anak dan orang dewasa kurang dari 44 tahun. Penyalahgunaan alkohol dan obat telah menjadi faktor implikasi pada trauma tumpul dan tembus serta trauma yang disengaja atau tidak disengaja (Smeltzer, 2000).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam laporannya mengungkapkan bahwa kecelakaan lalu lintas di Eropa menewaskan 350 orang per hari atau 127.000 setiap tahun dengan korban yang rata–rata mengalami trauma tumpul sebanyak 30,9 %. (dikutip dari Satrio Widianto, Pikiran Rakyat 25 Januari 2005). (Amrizal, 2009)

Data kepolisian RI menunjukkan, terdapat rata-rata 29 orang meninggal dunia setiap hari akibat kecelakaan di jalan raya. Sedangkan kecelakaan itu sendiri, per tahunnya rata-rata mencapai 14.604 kejadian dan yang mengalami cedera abdomen sebanyak 52,6 % dengan jumlah korban meninggal dunia 10.696 jiwa. Tingginya angka kecelakaan di jalan raya sesungguhnya bukan hanya milik Indonesia (Amrizal, 2009)

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk menyusun karya tulis ilmiah dengan judul Asuhan Keperawatan Klien Tn. “R” dengan Trauma Tumpul Abdomen di Ruang Perawatan Lontara II Bedah Digestive RS Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.

B. Tujuan penulisan

1. Tujuan Umum
Untuk mendapatkan pengalaman nyata tentang pelaksanaan asuhan keperawatan pada klien Tn. “R” dengan trauma tumpul abdomen.

Selengkapnya klik disini

Kode KTI XII

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: