Beranda > Tesis > ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN An.”A” DENGAN GANGGUAN SISTEM HEMATOLOGI LEUKEMIA DI RUANGPERAWATAN ANAK LONTARA IV ATAS RS.Dr.WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN An.”A” DENGAN GANGGUAN SISTEM HEMATOLOGI LEUKEMIA DI RUANGPERAWATAN ANAK LONTARA IV ATAS RS.Dr.WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Anak merupakan individu yang berada dalam satu rentang perubahan perkembangan yang dimulai bayi hingga remaja. Masa anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari bayi(0-1 tahun), usia bermain/todler(1-2,5tahun), pra sekolah(2,5-5tahun), usia sekolah(5-11 tahun), hingga remaja(11-18 tahun). Pada anak terdapat rentang perubahan pertumbuhan dan perkembangan yaitu rentang cepat dan lambat. Da am proses perkembangan anak memiliki ciri fisik, kognitif, konsep diri, pola koping dan prilaku. (A. Aziz alimul hidayat, 2005).

Dalam keperawatan anak, yang menjadi individu (klien) dalam hal ini adalah, anak diartikan sebagai seseorang yang berusia kurang dari delapan belas tahun dalam masa tumbuh kembang dengan kebutuhan khusus baik kebutuhan fisik, psikologis, dan spiritual. Demikian juga halnya perkembangan kognitif yang cepat dan ada kalanya perkembanagan kognitif yang lambat. Hal tersebut juga dapat dipengaruhi oleh latar belakang anak. Perkembangan konsep diri ini sudah ada sejak bayi, akan tetapi belum terbentuk secara sempurna dan akan mengalami perkembangan seiring dengan pertambahan usia pada anak.
Untuk meningkatkan derajat kesehatan yang optimal maka keperawatan adalah salah satu komponen pembangunan di bidang kesehatan yang perlu dilaksanakan karena pelayanan keperawatan yang diberikan kepada manusia secara utuh meliputi, bio, psiko, sosial, dan spirit.
Ciri fisik adalah semua anak mungkin pertumbuhan fisik yang sama akan tetapi mempunyai perbedaan system imun yang berbeda. Pada anak sangat rentang terkena penyakit salah satunya leukemia.

Leukemia adalah suatu penyakit neoplastik yang ditandai oleh proliferasi abnormal dari sel-sel hemapoetik, penyebabnya hingga saat ini belum diketahui secara pasti,tetapi bisa disebabkan oleh faktor gejala kliniknya yaitu pucat mendadak, panas dan perdarahan.
Menurut data Badan Kesehatan Dunia/WHO, jumlah total penderita penyakit leukemia di dunia mencapai sekitar 500-600 juta orang.Setiap angka kelahiran dari 1 juta jumlah penduduk di dunia akan terlahir 120 anak penderia kanker darah.bahkan jumlah penderia di indonesia 30-50 %. (The International Confedaration Of Chilboard Cancer Farent Organization tgl 25 juli 2010).

Di Sulawesi Selatan khususnya di rumah sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, berdasarkan data yang didapatkan dari catatan medical record jumlah pasien leukemia dari enam bulan terakhir ini tercatat laki-laki sebanyak 84 pasien dan perempuan sebanyak 63 pasien maka jumlah penderita penyakit leukemia di sulawesi selatan khususnya di RS. DR. Wahidin sudirohuso

Berdasarkan latar belakang diatas penulis menyusun karya tulis ilmia dengan judul “ Asuhan Keperawatan Klien An. “A” Dengan Gangguan System Hematologi : Lukemia di Ruang Perawatan Ankan Lontara 4 Lantai 2 RS. DR. Wahidin sudirohusodo Makassar.

Selengkapnya klik disini

Kode KTI XIV

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: