Beranda > Berita > AS Bangkrut, Ekonomi Dunia Goyang

AS Bangkrut, Ekonomi Dunia Goyang

MAKASSAR, FAJAR — Pihak Gedung Putih memerintahkan seluruh kantor pemerintahan berhenti beroperasi setelah pihak Kongres tidak menyetujui anggaran baru hingga batas waktu yang ditentukan. Untuk pertama kalinya sejak 17 tahun yang lalu pemerintah AS kehabisan uang.

Pengamat Ekonomi Unhas, Muhammad Ali mengatakan ditutupnya pemerintahan negeri paman sam tak hanya berdampak pada negaranya sendiri tetapi juga sampai ke seluruh dunia karena selama ini pemulihan ekonomi dunia sangat tergantung pasar finansial dan ekonomi negeri paman sam tersebut.

“Jika ekonomi AS terganggu, maka pemulihan ekonomi global juga bisa terhambat, karena negara adikuasa tersebut hampir menguasai sepenuhnya perekonomian dunia, sehingga apakah ini by desain atau karena memang terjadi demikian,”kata Muhammad Ali.

Menurutnya, penutupan pemerintahan Amerika Serikat untuk sementara ini akan berimbas terhadap perekonomian Indonesia yang akan memicu meningkatnya nilai impor, sehingga perekonomian dalam negeri akan terpengaruh dari segi harga.

“Yang paling berpengaruh terhadap Indonesia terdapat pada barang tehnologi impor seperti mobil, handphone, produk makanan dan tekstil,” tuturnya.

Menurut dekan Fakultas Ekonomi Unhas tersebut, salah satu penyebab terjadinya kolaps terhdap perekonomian AS karena biaya perang yang cukup tinggi. Jika sudah terjadi demikian akan ada negara jadi korban untuk dijadikan tempat eksploitasi untuk mengembalikan kekuatan ekonomi.

“Jika negara adikuasa yang akan kolaps pasti akan terjadi hal yang mengoyangkan ekonomi dunia termasuk kemungkinan akan terpengaruh besar terhadap minyak dunia sehingga terjadi multi player terhadap perekonomian dunia,” tutur Muhammad Ali.(m04)

Sumber : http://www.fajar.co.id/metromakassar/2959858_5662.html

Iklan
Kategori:Berita
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: