Beranda > Berita > Pendaftar CPNS Mulai Berguguran

Pendaftar CPNS Mulai Berguguran

PAREPARE, FAJAR– Verifikasi berkas pendaftar ujian CPNS mulai dilakukan di Parepare dan Enrekang. Walhasil, sejumlah pendaftar mulai berguguran karena berkas yang tidak lengkap.

Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Parepare menyatakan, dari 1.405 pendaftar, 14 diantaranya dinyatakan tidak lulus berkas. Masalah yang menimpa mereka diantaranya, kualifikasi ijazah tidak sesuai dengan jurusan yang dilamar. “Kebanyakan itu pelamar multimedia jurusan komputer, mereka gagal karena kualifikasi ijazah tidak sesuai dengan jurusan yang diminta,” kata Kepala Sub Bagian Formasi dan Pengadaan, BKD Parepare, Rafiuddin, Jumat, 27 September.

Di bagian lain, hingga kemarin, pencetakan kartu ujian sudah mencapai 80 persen. Pihaknya mengupayakan seluruh kartu sudah dibagikan kepada calon peserta ujian pada 1 Oktober.

Untuk honorer Kategori dua (K2), akan diumumkan pengumpulan pas foto pada Senin pekan depan. Pas foto sudah harus ada di tangan panitia pada 4 Oktober, disusul penyerahan kartu ujian 10-11 Oktober.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Diklat Daerah, Ramadhan Umasangadji mewanti-wanti peserta ujian agar tidak terpengaruh oleh tawaran kelulusan dari pihak manapun. Dia mengatakan saat ini sudah ada beberapa laporan mengenai adanya calo CPNS yang mengaku dari BKD dan menawarkan kelulusan kepada sejumlah calon peserta.

“Pokoknya jangan dipercaya,” katanya.

Ramadhan menegaskan, ujian tahun ini ditangani langsung Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Jakarta. Begitu juga penentuan kelulusan, didasarkan pada ranking skoring yang dilakukan oleh Kemenpan-RB.

“Kita hanya melaksanakan tes, hasilnya nanti langsung dikirim ke Jakarta untuk diperiksa. Jadi jangan percaya iming-iming,” katanya.

Ada Waktu Lengkapi Berkas

Meski pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Enrekang sudah ditutup sejak 23 September lalu, namun para pelamar masih diberikan kesempatan untuk melengkapi berkas pendaftaran. Kebijakan tersebut diberikan BKD Enrekang hingga hari ini.

“Besok (hari ini) terakhir diberikan kesempatan kepada para pelamar yang belum melengkapi berkasnya. Jika tidak dilengkapi, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur berkas sehingga tidak dimasukkan dalam daftar nominatif yang akan dikirim ke BKN pusat di Jakarta,” jelas Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Pegawai BKD Enrekang, Gunawan Jumat, 27 September.

Dijelaskan Gunawan, masih ada beberapa pelamar yang berkasnya belum lengkap semua. Utamanya berkas ijazah yang tidak dilegalisir timbal balik.

Data terakhir, jumlah pelamar CPNS Enrekang sebanyak 626 orang. Terdiri atas, 589 pelamar PGSD, 7 orang pelamar agrobisnis hasil ternak dan 30 pelamar teknik elektro arus lemah.

Usai dilakukan penyeleksian berkas, pekan depan rencananya daftar nominatif pelamar akan dikirim ke pusat. Selanjutnya, para pelamar sisa menunggu informasi dari BKD untuk pengambilan nomor tes.

“Soal kapan ada keluar nomor tes, itu bergantung BKN pusat. Kalau sudah ada nomor tesnya, BKD akan melakukan percetakan lalu ditandatangani Sekda sebelum dibagikan kepada semua peserta,” kuncinya.

Tes K-2 Hanya Sekali

Sementara itu, BKD Sidrap kembali mempertegas bahwa pelaksanaan tes CPNS untuk jalur honorer kategori 2 hanya berlangsung sekali. Penegasan ini disampaikan untuk meluruskan informasi bahwa pengangkatan honorer K2 akan dilakukan secara terus menerus hingga semuanya habis.

Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Diklat BKD Sidrap, Faisal Sehuddin, mengatakan, calon peserta ujian CPNS jalur honorer K-2 sebanyak 930 orang. Mereka akan menjalani ujian pada 3 November.

BKD Sidrap, lanjut Faisal, sudah mempersiapkan segala sesuatunya menghadapi pelaksanaan tes CPNS, mulai dari lokasi ujian, kartu tes, pengawas hingga persiapan tempat penampungan lembar soal dan ujian bagi peserta.

Ujian CPNS jalur honorer K-2 rencananya dipusatkan di Kota Pangkajene, dengan lokasi masing-masing SMA Negeri 1 Pangkajene, SMK Negeri 1 Sidenreng dan SMP Negeri 2 Pangkajene. (dni/aha)

Sumber : http://www.fajar.co.id/sulawesiselatan/2955487_5663.html

Iklan
Kategori:Berita
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: