Beranda > Tesis > ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN An. “Y” DENGAN GANGGUAN SISTEM HEMATOLOGI DBD DIRUANG PERAWATAN ANAK LONTARA IV BAWAH RS. Dr. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN An. “Y” DENGAN GANGGUAN SISTEM HEMATOLOGI DBD DIRUANG PERAWATAN ANAK LONTARA IV BAWAH RS. Dr. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Anak merupakan individu yang berbeda dalam satu rentang perubahan perkembangan yang dimulai dari bayi hingga remaja. Masa anak merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari bayi (0 – 1 tahun), usia bermain/ toddler (1 – 2,5 tahun), pra sekolah (2,5 – 5 tahun), usia sekolah (5 – 11 tahun), hingga remaja (11 – 18 tahun). Rentang ini berbeda antara anak satu dengan yang lain mengingat latar belakang anak berbeda. Pada anak terdapat rentang perubahan pertumbuhan dan perkembangan yaitu rentang cepat dan lambat. Dalam proses perkembangan anak memiliki ciri fisik, kognitif, konsep diri, pola koping dan perilaku sosial (Alimul Aziz, 2008).

Demam berdarah dengue paling sering menyerang anak yang berusia kurang dari 15 tahun, walaupun juga menyerang orang dewasa. DHF ditandai dengan munculnya awitan akut demam yang disertai dengan tanda dan gejala yang tidak spesifik (Widyastuti Palupi, 2004).

Kejadian luar biasa (KLB) penyakit dengue serupa dengan DHF yang dicatat pertama kali terjadi di Australia tahun 1897. Penyakit perdarahan serupa juga berhasil dicatat pada tahun 1928 saat terjadi epidemi di Yunani dan kemudian di Taiwan tahun 1931. Epedemi DHF pertama yang berhasil dipastikan dicatat di Filipina antara tahun 1953 – 1954. Selanjutnya, KLB besar DHF yang mengakibatkan banyak kematian terjadi disebagian besar negara Asia Tenggara, termasuk India, Indonesia, Maldives, Myanmar, Srilanka, dan Thailand juga di Singapura, Kamboja, China, Laos, Malaysia, Filipina, dan Vietnam di wilayah pasifik barat. Selama 20 tahun terakhir, terjadi peningkatan yang tajam pada insidensi dan penyebaran DHF secara geografis, dan beberapa negara Asia Tenggara (Widyastuti Palupi, 2004) .

Menurut data Departemen Kesehatan Republik Indonesia, pada awal 2007 ini saja jumlah penderita DBD telah mencapai 16.803 orang dan 267 orang di antaranya meninggal dunia (Guide Survival, 2008).

Di Sulawesi Selatan pada tahun 2003, jumlah kejadian penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada 26 kabupaten/ kota sebanyak 2.636 penderita dengan kematian 39 orang (1,48%). Pada tahun 2004 sebanyak 2.598 penderita dengan kematian 19 oarang (0,7%), untuk tahun 2005 tercatat jumlah penderita DBD sebanyak 2.975 dengan kematian 57 orang (1,92%). Tahun 2006 sebanyak 2.426 penderita (22,6%) dengan angka kematian 0,7%. Pada tahun 2007 kasus DBD meningkat dengan jumlah kasus sebanyak 5.333 kasus (http://dinkes-sulsel.go.id).

Di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar data mengenai DBD pada 7 bulan terakhir (Januari – Juli) 2010 sebanyak 84 orang. Dimana pada anak laki-laki mencapai 47 kasus (56%), anak perempuan mencapai 37 kasus (44%). Demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang dapat menimbulkan wabah yang disebabkan oleh virus dengue. Derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh empat faktor utama yaitu : lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan, dan keturunan (herediter).

Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk mengambil judul, “Asuhan Keperawatan Pada An. “Y” dengan Gangguan Sistem Hematologi DBD di Ruang Perawatan Anak Lontara IV Bawah Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan program Diploma III Keperawatan.

Selengkapnya klik disini

Kode KTI XVI

Iklan
Kategori:Tesis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: