Beranda > Motivasi > Anda Ingin Sukses Berusaha? Pertama-tama Kenali Diri Sendiri Dulu

Anda Ingin Sukses Berusaha? Pertama-tama Kenali Diri Sendiri Dulu

Orang-orang sukses dan bahagia berusaha sebaik-baiknya dan menjadi diri mereka sendiri selama proses menuju ke sana. Ini bukan soal apa yang terlihat dari luar, tapi apa yang ada dalam diri kita. Ini bukan tentang merek Anda, reputasi, atau persona. Ini adalah tentang siapa Anda sebenarnya. Kedengarannya sederhana. Ini memang konsep yang sederhana. Masalahnya adalah, itu sangat sulit dilakukan dan membutuhkan kerja keras untuk mengetahuinya.

Jika melakukan sebuah pekerjaan besar, Anda harus bekerja keras untuk mengerjakannya. Anda juga harus keluar dari zona nyaman untuk mengambil beberapa peluang. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menemukan jati diri dan berusaha menjadi versi terbaik Anda. Seperti yang dikatakan Steve Jobs ketika memberikan kuliah umum di Universitas Stanford.

Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup seperti orang lain. Jangan biarkan omongan orang menulikan Anda sehingga Anda tidak mendengar apa kata hati Anda sendiri.

Anda harus percaya pada insting, takdir, kehidupan, karma, atau apapun. Pendekatan ini tidak pernah mengecewakan saya dan itu telah membuat perbedaan dalam hidup saya. Jobs melanjutkan. Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah mencintai apa yang Anda lakukan. Jika Anda belum menemukannya, teruslah mencari dan jangan cepat puas.

Apa yang dikatakan Jobs membutuhkan fokus dan disiplin. Dua hal yang sangat sulit didapat saat ini. Kenapa? Karena fokus dan disiplin akan mudah lenyap ketika ada gangguan dan kepuasan instan, mudah, dan adiktif.

Guna membantu Anda menemukan jati diri Anda, berikut tiga manfaat besar untuk menjadi versi terbaik dan paling sejati dari diri Anda sendiri:

Kenali diri sendiri

Mengenal diri sendiri akan membuat Anda merasa nyaman mengurangi stres dan rasa cemas. Ini akan membuat pasangan, orang tua, dan teman Anda merasa lebih baik.

Selain itu, Anda tidak akan mencapai sesuatu yang penting dalam hidup Anda sampai Anda mengenal siapa diri Anda. Ini bukan soal merek, profil LinkedIn, atau apa yang orang pikirkan tentang Anda.

Ini adalah tentang siapa diri Anda sebenarnya. Jadi, mulai habiskan waktu Anda untuk mencari tahu siapa Anda sebenarnya dan mencoba menjadi versi terbaik dari yang Anda bisa.

Jangan menjadi orang ceroboh

Mereka yang benar-benar peduli dengan Anda adalah orang yang Anda cinta, orang tua, dan keluarga. Semua orang terlalu sibuk menjalani drama kehidupan mereka sendiri. Dengan kata lain, jaringan Anda tidak peduli tentang Anda.

Itulah sebabnya, melibatkan diri dan orang lain dengan sesuatu yang tidak penting hanya akan membuang-bunag waktu Anda dan mereka saja. Lebih baik fokus pada hal-hal besar yang ingin Anda capai dan menetapkan pikiran Anda untuk itu.

Ada sebuah konsep yang disebut opportunity cost. Bila Anda memilih salah satu tindakan, maka Anda akan kehilangan kesempatan yang lainnya. Orang jarang mempertimbangkan hal ini sampai semuanya terlambat.

Hidup adalah petualangan

Kita semua terpesona oleh petualangan. Kita senang membaca dan menonton film tentang perjalanan orang lain, baik nyata maupun tidak. Kita senang liburan, melakukan perjalanan ke berbagai tempat. Kita mengagumi karya-karya besar orang lain: seni, arsitektur, dan lainnya.

Padahal, kesempatan petualangan yang sebenarnya ada persis di depan kita dan semua orang. Kita tidak akan pernah tahu apa yang mungkin akan kita capai, keajaiban apa yang mungkin kita buat, dan apa yang mungkin kita temukan kalau tidak memulai perjalanan tersebut. Yang harus kita lakukan adalah memulai perjalanan. (bn)

Iklan
Kategori:Motivasi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: