Beranda > Kebijakan Kesehatan, Kesehatan > Peranan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Memajukan Negeri

Peranan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Memajukan Negeri

0Share

Mahasiswa adalah calon penerus bangsa, tuas-tuas penggerak dalam kehidupan. Para generasi yang akan menjalankan negara ini di masa mendatang. Mahasiswa bukan lagi seseorang yang hanya memegang tanggung jawab terhadap dirinya sendiri namun juga memegang tanggung jawab penuh terhadap lingkungannya dan juga masyarakat luas. Dengan tuntutan yang besar, mahasiswa harus sudah menunjukkan kontribusinyadalam memajukan negeri untuk meraih kesejahteraan. Memberikan pengaruh atau kontribusi tidak harus dilakukan setelah mendapatkan suatu gelar yang tinggi. Seluruhnya dapat dimulai meski dengan status sebagai mahasiswa. Menjadi bagian dari masyarakat membuat mahasiswa tidak dapat melepaskan diri dari kewajiban menebarkan manfaat.

Sebagai mahasiswa yang mengenyam pendidikan dibidang kesehatan masyarakat tentu diharapkan dapat mencurahkan ilmunya sesuai dengan tujuan yang dipelajari selama masa perkuliahan. Seperti yang dikatakan Prof. Winslow dari Yale University bahwa ilmu kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi dimasyarakat, dan pencegahan penyakit yang akan mendukung agar setiap orang mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya (Leavel and Clark, 1958).

Kemajuan negara tidak dapat dilepaskan dari tingkat kesehatan warganya. Agar terbentuk negara yang maju diperlukan orang-orang yang kuat dan memiliki pengetahuan yang tinggi. Semua itu akan terwujud bila masyarakat dalam suatu negara memiliki kehidupan sehat serta gizi yang memenuhi. Kesehatan dan gizi yang seimbang akan mempengaruhi kemampuan kerja otak seseorang. Di sinilah peran mahasiwa kesehatan masyarakat yang sesungguhnya.

Melalui kegiatan-kegiatan kampus mahasiswa dapat memulai pengabdiannya. Seminar ataupun penyuluhan langsung kepada masyarakat umum merupakan salah satu cara yang dapat dipilih. Memberikan seminar-seminar bertema kesehatan, misalnya tentang langkah-langkah hidup sehat dan pencegahan terhadap suatu penyakit akan memberikan pengetahuan yang lebih mendalam pada masyarakat terutama masyarakat miskin yang sulit mencari dan minim informasi. Hal ini memberikan andil besar untuk mendorong seluruh pihak agar menjaga kesehatannya serta sadar arti penting kesehatan.

Memberikan bantuan dengan menjadi sukarelawan ketika terjadi bencana alam juga dapat dilakukan mahasiswa. Secara langsung mahasiswa dapat menunjukkan tekadnya untuk membantu sesama dalam hal kesehatan. Motivasi dan saran-saran untuk menjaga kesehatan di masa sulit yang diberikan kepada korban akan sangat membantu mereka agar tidak terkena wabah menular ataupun penyakit lainnya. Semua itu dilaksanakan dengan ikhlas sesuai asas saling tolong menolong. Dengan tujuan tersebut hasilnya pun akan maksimal. Peran di dalamnya semakin terasa.

Kontribusi bukan hanya diberikan melalui apa yang dilakukan secara terbuka. Melainkan mencontohkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan suatu kebiasaan. Pada akhirnya menularkan kebiasaan memperhatikan kesehatan kepada orang-orang di sekitarnya. Memberi contoh dimulai dari pribadi sendiri bagaimana mencegah diri dari berbagai penyakit sesuai pembelajaran sebagai mahasiswa akan menimbulkan efek besar pada lingkungan sekitar.

Mahasiswa di bidang kesehatan juga memiliki tiga peran penting, terdiri dari agent of health (melakukan kegiatan yang mendorong kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan), agent of change (penggerak perubahan menuju satu hal baik khususnya dalam bidang pemenuhan kebutuhan hidup sehat dibantu oleh pengetahuan sebagai mahasiswa), dan agent of development (perubahan yang telah dibawa terus dikembangkan agar terwujud tujuan utama yang ingin dicapai).

Terutama yang paling dibutuhkan adalah mahasiswa dapat mencetuskan ilmu pengetahuan baru untuk menunjang perbaikan kesehatan dan gizi masyarakat melalui penelitian. Tentu negara ini mengharapkan mahasiswa dapat berpikir kreatif. Dengan ilmu dan teknologi baru, mahasiswa dapat memecahkan berbagai masalah kesehatan. Misalnya, dengan menemukan alternatif baru untuk mencegah suatu penyakit dengan bahan-bahan alami secara aman.

Berbagai kontribusi baik hanya peran kecil atau besar dapat memberikan andil serta pengaruh yang nantinya akan menentukan kemana arah negeri ini. Segala kemajuan dipengaruhi oleh upaya dan kerja keras dari seluruh aspek masyarakat, termasuk mahasiswa. Begitu mendapat gelar sesuai bidang pilihan masing-masing, mahasiswa dapat lebih fokus untuk membangun bangsa. Terbentuknya ahli gizi dan sarjana-sarjana kesehatan masyarakat yang berkualitas mempercepat negeri mencapai kemajuan bukan hanya di bidang kesehatan namun juga di bidang-bidang lainnya.

Sumber :

http://Aramintaaa.blogspot.com/2012/08/karena-mahasiswa-sehat-dari-masyarakat.html?m=1

Iklan
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: