Beranda > Motivasi > Agar Hidup Lebih ‘Hidup’

Agar Hidup Lebih ‘Hidup’

Banyak orang di usia matang terjebak dalam lingkaran comfort zone. Menjalani rutinitas yang membosankan. Salah satu penyebabnya adalah hilangnya passion. Simak 7 saran ahli agar passion Anda terus menyala:

Rene Suhandono, career coach dan penulis buku Your Job is not Your Career memberikan saran: “Luangkan waktu untuk bertanya kepada diri sendiri, apa passion Anda. Passion adalah sesuatu yang membuat Anda merasa enjoy. Yang membuat Anda bergairah setiap bangun tidur, yang membuat Anda bersemangat mengerjakannya hingga larut malam.”

Sebelum mencari passion, kata Deepak Chopra, penulis buku best seller dan ‘guru’ transformasi dari Amerika Serikat, Anda perlu punya sikap positif terhadap diri sendiri dan dunia ini agar bisa menikmati hidup lebih baik.

Alexander Sriewijono, psikolog dan konsultan pengembangan diri dari Daily Meaning menyarankan: “Beranilah ‘memutuskan’ rantai rutinitas dengan melakukan hal baru dan sedikit menantang. Kuncinya, bersikaplah open mind terhadap apa pun yang Anda terima.”

Pelihara aset pribadi. Yang dimaksud aset bukan saja fisik atau materi, tapi yang terpenting adalah kesehatan lahir dan batin. Tanpa itu, Anda tak akan dapat menggali dan merealisasikan passion. Deepak Chopra mengingatkan, tubuh bukanlah mesin biologis yang mudah rapuh dimakan usia. Sehingga berapa pun usia kita, menjaga kesehatan adalah wajib hukumnya.

Stephen Covey, motivator dan penulis buku laris Seven Habits of Highly Effective People mengatakan, orang tidak selamanya terikat pada sejarah masa lalu. Artinya, setiap saat Anda bisa mengubah sejarah, melakukan hal baru yang belum pernah Anda lakukan.

Bermimpilah, karena mimpi merupakan sumber energi. Ingat kata Bung Karno,”Gantungkan mimpimu setinggi langit”. Tantanglah diri Anda sesekali, buat rencana, maka Anda akan selalu termotivasi untuk mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.

The best way to find yourself is to lose yourself in the service of others, begitu ungkapan Mahatma Gandhi. Ketika periode aktualisasi diri mencapai klimaksnya, seseorang akan beralih untuk berbuat bagi sesama. Kepedulian dan semangat berbagi ini juga bisa menjadi salah satu sumber passion.

Iklan
Kategori:Motivasi
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: