Beranda > Menulis > Dua Kiat dari Andrea Hirata agar Tulisan Anda Tembus Meja “Best Seller”

Dua Kiat dari Andrea Hirata agar Tulisan Anda Tembus Meja “Best Seller”

Untuk dapat menembus peringkat “best seller” sungguh bukan perkara yang mudah. Hal ini tentu menjadi pengalaman hampir seluruh insan yang bergerak di bidang industri buku global. Saking susahnya, tak jarang para editor, atau pun penulis berusaha menebak-nebak buku sejenis apa yang sebenarnya diinginkan oleh para pembaca. Apakah novel roman, fiksi, epik, biografi, buku agama, dongeng, komik, atau kategori yang lainnya.

Andrea Hirata, sebagai salah satu penulis Indonesia yang bukunya mampu menembus pasar global (internasional) melalui Laskar Pelangi-nya, memberikan dua kiat kepada siapa pun yang ingin meneguk untung besar dan mampu menduduki posisi tembus meja “best seller”, seperti dilansir oleh Antaranews.com pada Senin (18/02/13). Apa sajakah itu? Berikut saya paparkan khusus untuk Anda.

Hal pertama yang harus diperhatikan seorang penulis ketika naskahnya ingin tembus pasar global adalah dengan melihat peta industri buku dengan jeli dan teliti. Dalam hal ini penulis harus mencari tahu mengenai jenis buku apa saja yang kiranya diminati oleh para pembaca secara luas, bukan hanya di dalam negeri sendiri, tapi juga skala yang lebih besar lagi, yaitu untuk pasar dunia.

Oleh karena itu, penulis sebaiknya sering berkunjung ke berbagai toko buku, baik on line maupun offline. Dengan begitu, penulis akan tahu, mana buku yang sudah menjadi best seller dan “laku” di pasar dan mana buku yang belum menembus posisi itu. Dengan perbandingan ini, penulis juga akan tahu bentuk atau kemasan buku seperti apa yang dapat menarik khalayak, baik itu cover, gambar, ilustrasi, sinopsis, dan yang lainnya.

Kedua adalah isi karya itu sendiri yang bersifat menyeluruh (semua kalangan dapat merasakan manfaat dari apa yang dibaca), dengan tidak mengenal suku atau batas wilayah tertentu. Seperti tema, pesan moral, alur cerita, tokoh, dan unsure intrinsik lainnya yang dapat diuraikan dan digambarkan dengan luas, sehingga dapat “menyentuh” semua lapisan masyarakat. Baik dari kalangan bawah, menengah, atas, dan sebagainya.

Tertarik untuk mencoba? Jangan sungkan-sungkan mampir ke toko buku, dan jelilah memilih buku berkualitas yang akan Anda jadikan peta dalam membuat tulisan. (Lina Sellin)

Sumber : http://mizan.com

Iklan
Kategori:Menulis
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: