Beranda > Pertanian > Ini cara bikin pupuk kompos

Ini cara bikin pupuk kompos

Pengamat Pertanian Agribisnis dari Universitas Nusa Cendana Kupang, Leta Rafael Levis menyarankan bikin pupuk organik sendiri jika pupuk kimia bersubsidi langka di pasaran. Cara bikin pupuk organik ini pun tak susah.

Dalam training pembuatan pupuk kompos, bahannya bisa diambil dari sampah pasar Caringin, yaitu pasar tradisionil skala besar di Kota Bandung.

“Setiap hari sampah pasar diangkut dari pasar Caringin ke pabrik ini menggunakan truk kecil (truk engkel), mondar-mandir sebanyak delapan rit per hari. Komposisi sampah pasar Caringin kurang lebih 80 persen bahan organik dan 20 persen bahan non organik,” kata Leta, seperti dikutip dari antaranews, Rabu (28/5).

Selanjutnya, sampah dirajang (dicacah) dengan mesin perajang kapasitas 5 ton/hari. Sampah yang telah dirajang ini dihamparkan di hanggar penghampar dan disemprot dengan mikro organisme buatan pabrik ini juga.

Setelah itu, bahan kompos itu dibolak-balik setiap hari dan kurang lebih satu bulan proses pengomposan ini selesai. Kemudian diayak/disaring untuk mendapatkan butir-butir kompos siap pakai. Demikian pula penyuluhan pengolahan sampah terpadu untuk memproduksi pupuk cair dari air licit sampah.

Dalam sebuah uji coba di Kota Bekasi yang dilakukan pertengahan 2010 diketahui bahwa proses menjadikan air licit jadi pupuk perlu waktu 15 hari dengan mencampurkan mikroba.

“Pupuk yang dihasilkan kualitasnya diharapkan sama dengan pupuk kompos dari sampah yang juga telah diproduksi perusahaan,” jelasnya.

Ia mengatakan, air licit yang dihasilkan diusahakan agar sampahnya tidak tercampur dengan zat besi atau kandungan bahan beracun berbahaya lainnya, sehingga bermanfaat untuk kesuburan tanaman.

“Dari air licit itu diharapkan bisa dihasilkan terobosan baru berupa pupuk cair dengan kualitas bagus,” ungkapnya.

Sumber : pertanian.merdeka

Kategori:Pertanian
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: