Beranda > Berita > Info CPNS 2014: Peserta Pendaftaran Seleksi CPNS Kemenpan-RB Bebas Memilih Tempat Tes Ujian

Info CPNS 2014: Peserta Pendaftaran Seleksi CPNS Kemenpan-RB Bebas Memilih Tempat Tes Ujian

menpan_rb_1Peserta Pendaftaran Seleksi CPNS Kemenpan-RB Bebas Memilih Tempat Tes Ujian. Pada tahun 2014 ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka peluang untuk 20 orang pegawai baru di lingkungan mereka.

Meski merupakan instansi pusat, diharapkan peserta tes merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi di seluruh tanah air, sehingga aparatur sipil negara dapat benar-benar menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karenanya, KemenPAN-RB memberikan kesempatan bagi pelamar untuk dapat memilih tempat tes mereka, di 104 tempat ujian yang sebagian besar berada di perguruan tinggi di 65 wilayah.

Hal ini seperti diungkapkan oleh Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian PANRB Otok Kuswandaru. Otok mengatakan, setelah melakukan pendaftaran secara online, pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat dan lolos seleksi administrasi dapat mengikuti tes di perguruan tinggi yang ditunjuk, yang berdekatan dengan tempat tinggalnya. “Mereka bisa memilih tempat tesnya dari 104 tempat yang tersebar di seluruh tanah air,” kata Otok Kuswandaru di Jakarta melansir laman Sekretariat Kabinet, Rabu (3/9/2014).

Otok melanjutkan, dalam pelaksanaan TKD CPNS KemenPAN-RB bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Peserta dapat memilih lokasi tes yang paling dekat dengan tempat tinggalnya, dan tidak perlu buang-buang duit untuk biaya transportasi ke Jakarta,” tutur dia.

Otok memberikan contoh, seorang peserta yang berasal dari Jawa Timur, dapat memilih lokasi tes di Universitas Airlangga, Istitut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Madiun, dan Universitas Negeri Jember. Kemudian untuk pelamar dari Papua, dia dapat memilih lokasi tes di Universitas Cendrawasih, begitupula pelamar dari daerah lain.

Terobosan ini diharapakan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya pelamar. Karenanya, pada saat tes nanti, tidak menutup kemungkinan peserta tes menjadi satu dengan peserta tes dari kementerian, lembaga atau pemda lain.

Selain 20 formasi CPNS yang telah disebutkan tadi, Kementerian PANRB juga mendapat formasi tambahan dari jalur formasi khusus sebanyak 7 orang, yakni 5 orang untuk sarjana terbaik (cum laude), satu orang putera Papua untuk protokol dan satu orang disable untuk pranata computer. “Untuk sarjana S-1 yang lulus dengan predikat cum laude, dialokasikan untuk analis kebijakan sebanyak empat orang, dan satu orang untuk  pranata humas dari sarjana S-1 Ilmu Komunikasi,” jelas Otok Kuswandaru.

Selain itu, kemenPAN-RB juga membuka kesempatan bagi lulusan Diploma 3 dan sarjana S-2. Formasi untuk S-2 antara lain untuk mengisi jabatan sebagai analis kebijakan, perencana, dan analis kepegawaian. Sedangkan S-1, untuk posisi analis kebijakan, perencana, analis pengaduan masyarakat, pengelola pengadaan barang dan jasa, serta penerjemah. Sedangkan D-3 untuk jabatan pemeriksa sistem informasi dan jaringan, pemeriksa pajak, dan bendahara.

Sumber

Kategori:Berita
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: