Beranda > CPNS > Janji Lulus CPNS

Janji Lulus CPNS

MODUS penipuan dengan mengatasnamakan pejabat bukan baru pertama kalinya terjadi di Sanggau. Dengan berbagai cara, penipu berupaya keras, termasuk memfitnah orang lain, dalam meyakinkan si calon korbannya demi mendapatkan keuntungan pribadi.

Belum lama ini, giliran Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang menjadi korban fitnah tersebut.
Kepada wartawan, dia mengaku namanya telah dicatut oleh orang tak dikenal dan digunakan untuk meminta sejumlah uang kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dengan imbalan jaminan calon korban akan diterima sebagai PNS.

“Ada SMS gelap yang mengatasnamakan lembaga BKD, menyuruh menyetor uang untuk mengurus pendaftaran kepegawaian, menjamin lulus jadi PNS. Katanya uang Rp17 juta yang diminta itu akan dibawa ke Jakarta, dan dijamin bisa lulus,” kata Juanda.

Dia mengaku pertama kali mendengar berita beredarnya SMS tersebut dari Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot yang saat itu tengah melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di daerah Senangit Kecamatan Balai Karangan. Ada seorang guru honorer yang datang mengadu ke Wabup, bahwa dia menerima SMS yang mengatasnamankan Kepala BKD Sanggau. Isinya meminta uang Rp17 juta untuk syarat lulus PNS.
“Beberapa hari lalu (kejadiannya). Jadi Pak Wakil Bupati nelepon saya, menanyakan adakah BKD ini meminta uang untuk pendaftaran. Saya kaget, saya bilang (ke Wabup) selama ini mengurus kepegawaian, mulai dari pendaftaran sampai pensiun tak pernah meminta uang,” katanya.
Penasaran, Juanda sempat meminta nomor SMS gelap itu ke Wabup. Sayangnya Wabup tak mencatatnya dari orang yang datang mengadukan persoalan itu. “Wabup bilang tak sampai ke situ (meminta nomor, red),” katanya.

Juanda mewanti-wanti kepada seluruh masyarakat Sanggau khususnya para pelamar, untuk berhati-hati terhadap penipuan. Apalagi seperti momen perekrutan CPNS seperti sekarang ini, kerap dimanfaatkan oknum tak bertanggungjawab untuk ambil kesempatan. Dia pun menghimbau agar jangan mudah percaya kepada siapapun yang menawarkan jaminan kelulusan CPNS. Apalagi dengan membayar sejumlah uang. Dan jika ada yang mengalami hal itu atau menerima SMS gelap, harap segera konfirmasikan hal itu ke polisi atau langsung ke Kepala BKD. “Bisa langsung ke petugas di BKD atau langsung ke nomor saya, 085245978558,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pelamar CPNS Sanggau, Khairunisa (30), mengaku tak mau ambil pusing dengan mulai beredarnya SMS gelap tersebut. Dia justru lebih percaya pada kemampuan diri sendiri dan tidak mau terbujuk dengan janji-janji, apalagi sampai menjamin kelulusan.
“Sekarang ini pendaftaran dan tesnya menggunakan sistem online. Rasanya kecil kemungkinan ada celah untuk kongkalikong. Terpenting percaya diri saja lah,” tanggapan Sarjana Diploma III Kebidanan ini.(fik)

Sumber

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: