Beranda > Berita > ekor Air Asia berhasil diangkat dari dasar laut

ekor Air Asia berhasil diangkat dari dasar laut

150110080922_air_asia_624x351_afpSumber gambar BBC

Angkatan laut Indonesia telah berhasil mengangkat bagian ekor pesawat Air Asia ke permukaan laut, di perairan Selat Karimata, seperti dilaporkan wartawan BBC Alice Budisatrijo yang berada di KRI Banda Aceh.

Para penyelam menggunakan balon yang disebut floating bag untuk menarik bagian ekor pesawat ke permukaan. Setelah muncul di permukaan laut selama dua jam, bagian ekor pesawat berhasil ditarik ke kapal Crest Onyx.

Direktur operasi Basarnas yang berada di Pangkalan Bun, Marsekal pertama SB Supriadi mengatakan ekor pesawat akan dibawa ke Pelabuhan Kumai, Kota Waringin Barat dengan menggunakan kapal Crest Onyx.

“Akan membutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar 10 jam perjalanan,” jelas Supriadi kepada BBC Indonesia.

Upaya pengangkatan bagian ekor pesawat Air Asia dan pencarian kotak hitam QZ8501 kembali dilakukan pada Sabtu (10/01) pagi. Sebelumnya upaya pengangkatan terkendala cuaca dan arus yang kuat di perairan laut jawa.

Sebelumnya, Basarnas menyebutkan bagian ekor pesawat AirAsia terbenam lumpur dan pasir dikedalaman sekitar 25-30 meter. Bagian ekor ini penting untuk diangkat karena biasanya kotak hitam pesawat disimpan dibagian itu.

Basarnas juga mencari bagian utama pesawat yang dilakukan di sekitar lokasi penemuan serpihan-serpihan berukuran besar yang sebelumnya telah ditemukan tim SAR.

Sementara itu, Tim DVI kembali mengidentifikasi dua jenazah korban kecelakaan pesawat Air Asia, yaitu Susandhini Liman dan Justin Giovani keduanya WNI.

Total sudah 31 jenazah yang telah diidentifkasi, dari 48 jasad yang telah ditemukan.

Pesawat Air Asia no penerbangan QZ8501 hilang kontak dengan menara pengawas lalu lintas udara ATC, pada Minggu 28 Desember.

Sumber

Kategori:Berita Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: