Beranda > Entrepreneur > 4 Langkah Mulai Usaha Tanpa Masalah

4 Langkah Mulai Usaha Tanpa Masalah

Memulai usaha sendiri adalah salah satu cara untuk mengembangkan karir Anda. Langkah ini sangat tepat untuk diambil, disaat Anda merasa bahwa karir di pekerjaan Anda saat ini tidak mampu berkembang lebih jauh. Selain itu, memulai usaha sendiri juga dapat menambah penghasilan Anda. Yang paling penting, Anda juga dapat menjadi penyedia lapangan pekerjaan untuk orang yang membutuhkan.

Ada banyak jenis usaha modal kecil yang dapat Anda pilih, saat Anda memutuskan untuk memulai usaha. Meskipun Anda memilih usaha yang tidak membutuhkan modal besar, memulai usaha tetap perlu perhatian lebih. Bila tidak, Anda akan mengalami kesulitan dan kegagalan untuk memulai usaha Anda sendiri.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, saat Anda memulai usaha, seperti:

  1. Jenis Usaha

Memilih jenis usaha yang ingin Anda jalankan adalah langkah terpenting yang harus Anda lakukan pertama kali. Jenis usaha yang Anda pilih akan menentukan bagaimana kesuksesan Anda di masa depan.

  1. Pasar

Hal penting berikutnya adalah pasar yang ingin Anda bidik. Pemilihan pasar yang tepat akan mempermudah Anda memasarkan produk Anda. Artinya, Anda akan lebih mudah mendapatkan keuntungan.

Mengetahui pasar yang tepat juga akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam menentukan strategi pemasaran yang ingin Anda gunakan.

  1. Modal

Meskipun dikatakan usaha modal kecil, namun tetap saja Anda akan membutuhkan modal untuk memulai usaha ini. Usahakan modal yang Anda gunakan berasal dari uang pribadi Anda. Bila Anda mempunyai barang-barang yang tidak digunakan, Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan modal.

Jangan berutang untuk mendapatkan modal, hingga keuangan perusahaan Anda stabil. Atau bahkan, sebisa mungkin Anda jangan mengandalkan utang untuk kebutuhan finansial perusahaan Anda. Anda dapat mencari mitra, bila modal dari dana pribadi tidak mencukupi.

  1. Pembukuan

Banyak pebisnis, khususnya pemula, yang tidak terlalu memperhatikan hal ini. Sebenarnya, pembukuan dan pencatatan secara detail mengenai keuangan perusahaan sangatlah penting. Pembukuan ini akan membuat pengelolaan keuangan perusahaan Anda menjadi jauh lebih mudah dan minim kesalahan.

Pembukuan juga sangat penting dalam usaha modal kecil karena modal yang digunakan terbatas. Dengan adanya pembukuan, maka Anda dapat secara rinci menghitung biaya produksi dan biaya lainnya, untuk menghindari kerugian.

Pastikan pula keuangan pribadi dan perusahaan Anda terpisah. Buat rekening tersendiri untuk keuangan pribadi dan perusahaan Anda.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: